PERBEDAAN JAILBREAKING, ROOTING DAN UNLOCKING


PERBEDAAN JAILBREAKING, ROOTING DAN UNLOCKING

            Dibandingkan dengan PC, ponsel dan tablet adalah perangkat yang terkunci. Jailbreaking, rooting, dan unlocking adalah semua cara untuk melewati batasan dari ponsel dan tablet. Dan kalian  dapat melakukan hal-hal yang tidak dilakukan oleh produsen dan operator pada perangkat kalian. Pasti kalian bingung perbedaan antara jailbreaking, rooting, dan unlocking. Langsung saja simak ulasan kami di bawah ini:
Hasil gambar untuk apa itu rooting dan jailbreak
  •     Jailbreaking

            Jailbreaking adalah proses menghilangkan batasan yang diberlakukan oleh produsen perangkat. Jailbreaking umumnya dilakukan pada perangkat Apple iOS, seperti iPhone atau iPad. Jailbreaking menghapus batasan yang diberlakukan Apple, memungkinkan kalian untuk menginstal perangkat lunak pihak ketiga dari luar app store.
            Beberapa orang mungkin memiliki persepsi bahwa jailbreaking hanya digunakan untuk pembajakan, tetapi bukan seperti itu. Jailbreaking memungkinkan kalian untuk melakukan hal-hal seperti mengubah browser default dan lain-lain. Pada dasarnya, jailbreaking memungkinkan kalian menggunakan perangkat lunak yang tidak disetujui Apple.
            Jailbreaking dapat dilakukan pada perangkat lain yang memiliki keterbatasan serupa. Misalnya, sekarang ada jailbreak Microsoft Surface RT yang memungkinkan kalian untuk menginstal program desktop yang tidak disetujui sistem Windows. Perusahaan seperti Apple dan Microsoft tidak ingin kalian melakukan jailbreak untuk melewati batasan perangkat sehingga kalian mengubah program default di iOS atau menjalankan aplikasi desktop pihak ketiga pada Windows RT.
            Untuk melakukan jailbreak, seseorang harus menemukan kerentanan keamanan yang memungkinkan mereka untuk mengeksploitasi perangkat dan menyiasati perlindungan yang di lakukan pihak pabrikan.Android memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi pihak ketiga dari luar google play store jadi tidak perlu di-jailbreak.

  •  Rooting

            Rooting adalah proses mendapatkan akses root ke suatu perangkat. Rooting umumnya dilakukan pada perangkat Android, tetapi rooting juga dapat terjadi pada perangkat lain yang berbasis Linux, seperti sistem operasi Symbian Nokia yang sekarang sudah tidak digunakan lagi.
            Di Linux dan sistem operasi mirip UNIX lainnya, pengguna root pada dasarnya sama dengan pengguna Administrator di Windows. Setelah rooting, kalian dapat memberikan aplikasi tertentu akses ke izin root, memungkinkan mereka untuk melakukan hampir semua hal yang mereka inginkan ke sistem operasi.
            Misalnya, aplikasi dengan izin root dapat menghapus instalasi aplikasi sistem, menginstal binary sistem tingkat rendah, mencabut izin yang diperlukan aplikasi yang diinstal, dan melakukan hal-hal lainnya. Rooting menyiasati keamanan Android dan berpotensi menyebabkan masalah jika pengguna tidak tahu apa yang mereka lakukan.
            Pada beberapa perangkat, rooting mungkin perlu dilakukan melalui eksploitasi keamanan. Sama seperti jailbreaking, pabrikan umumnya tidak ingin kalian me-rooting ponsel atau tablet kalian.
3.      Bootloader
            Android adalah sistem operasi open source, sehingga siapa pun dapat mengambil kode sumber Android dan membuat versinya sendiri. Ini memungkinkan ROM khusus seperti Cyanogenmod dapat di gunakan. Ada banyak custom ROM untuk Android mulai yang mendukung beragam perangkat hingga custom ROM dengan beberapa tambahan
            Namun, banyak ponsel Android dengan bootloader yang terkunci. Bootloader yang dikunci tidak akan mem-boot apa pun kecuali versi Android yang disetujui pabrikan yang menyertai perangkat. Membuka kunci bootloader memungkinkan kalian menginstal ROM khusus.
            Membuka kunci bootloader perangkat mungkin juga memerlukan exploitasi keamanan, beberapa perusahaan seperti HTC dan Motorola mengizinkan bootloader  beberapa perangkat mereka. Membuka kunci boot loader secara teoritis memungkinkan kalian untuk menginstal sistem operasi non-Android. Sekian ulasan dari kami semoga bermanfaat.

0 Response to "PERBEDAAN JAILBREAKING, ROOTING DAN UNLOCKING"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel