Beberapa Manfaat Ketumbar Yang Wajib Diketahui


MANFAAT KETUMBAR BAGI KESEHATAN YANG BELUM KALIAN KETAHUI

            Halo teman-teman kali ini kami akan membahas salah satu manfaat dari bumbu dapur yang bernama ketumbar. Untuk kalian ketahui bahwa ketumbar memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Ketumbar umumnya dikenal dengan nama dhaniya di India dan Cilantro di Amerika dan beberapa bagian Eropa.

Hasil gambar untuk ketumbar

            Ketumbar merupakan ramuan yang banyak digunakan di seluruh dunia sebagai pengobatan, bumbu, hiasan, atau dekorasi pada hidangan kuliner. Daun dan buahnya memiliki aroma yang dapat dikenali dan biasanya digunakan mentah atau dikeringkan untuk aplikasi kuliner.

            Ketumbar yang memiliki nama latin Coriandrum sativum merupakan tumbuhan rempah-rempah yang sangat populer. Buahnya yang kecil, dikeringkan kemudian di perjual belikan dalam bentuk utuh maupun sudah menjadi bubuk.
            Manfaat ketumbar yang sudah banyak kita ketahui seperti untuk pengobatan peradangan kulit, kadar kolesterol tinggi, diare, sariawan, anemia, dan gangguan pencernaan.
            Ketumbar juga berguna untuk gangguan menstruasi, cacar, gangguan kulit, dan gangguan gula darah, dan juga untuk meningkatkan penglihatan. Namun ketumbar memiliki banyak manfaat lainnya. Langsung simak ulasan berikut!
  • Mengurangi peradangan kulit

            Dalam ketumbar terdapat dua zat yaitu minyak atsiri dan asam linoleat. Keduanya memiliki sifat antirematik dan antiarthritis, membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Masyarakat Dermatologi Jerman, para peneliti juga mencatat sifat anti-inflamasi daun ketumbar.
            Untuk kondisi seperti pembengkakan karena gagal ginjal atau anemia, ketumbar juga dapat efektif dalam mendorong buang air kecil untuk melepaskan kelebihan air dari tubuh.
  • Mengurangi Kolesterol

            Pada ketumbar terdapat unsur zat asam, seperti asam stearat, asam palmitat, asam oleat, asam linoleat dan asam askorbat (vitamin C) sangat efektif dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah, menurut jurnal Environmental Biology.
            Ketumbar juga mengurangi tingkat deposisi kolesterol LDL yang buruk di sepanjang dinding arteri dan vena, yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular serius seperti serangan jantung, aterosklerosis, dan stroke.
            Namun yang paling utama, zat yang terkandung dalam ketumbar membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL, yang berfungsi sebagai garis pertahanan preventif terhadap sejumlah kondisi yang berbahaya.
  • Obat Untuk Penyakit Pencernaan

            Komponen minyak atsiri yang terdapat di ketumbar mengandung komponen, seperti borneol dan linalool memiliki beberapa manfaat seperti membantu pencernaan, berfungsinya hati dengan baik, dan mengikat usus.
            Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Ethnobotanical Leaflets mengatakan bahwa zat pada ketumbar juga membantu dalam menghilangkan diare yang disebabkan oleh tindakan mikroba dan jamur karena komponen seperti cineole, borneol, limonene, alpha-pinene, dan beta-phellandrene yang terdapat pada ketumbar semuanya memiliki efek antibakteri.
            Ketumbar juga semakin populer sebagai pengobatan tradisional untuk pencegahan mual, muntah, dan gangguan lambung. Selain manfaat kesehatan ini, daun ketumbar segar adalah makanan pembuka yang sangat baik untuk memperisapkan perut kalian sebelum makan.
  •  Mengatur Tekanan Darah

            Penelitian dalam Journal of Ethnopharmacology menunjukkan bahwa ketumbar secara positif membantu menurunkan tekanan darah pada mereka yang menderita hipertensi.
            Dengan meningkatkan interaksi ion kalsium dan asetilkolin, neurotransmitter dalam sistem saraf perifer dan sentral, zat ini meredakan ketegangan pembuluh darah, sehingga mengurangi kemungkinan sejumlah kondisi kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

0 Response to "Beberapa Manfaat Ketumbar Yang Wajib Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel