Makanan Sehat Bagi Kamu Yang Lagi Hamil


MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

            Makan sehat selama kehamilan sangat penting. Selama masa ini, tubuh kalian membutuhkan nutrisi, vitamin, dan mineral tambahan. Pola makan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bayi.
            Kebiasaan makan yang buruk dan penambahan berat badan berlebih juga dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional dan komplikasi kehamilan atau kelahiran. Sederhananya, kalian harus memilih makanan sehat dan bergizi. Berikut ini adalah  makanan bergizi tinggi untuk dikonsumsi saat kalian hamil.

Hasil gambar untuk ibu hamil

1.      Produk Susu
            Selama kehamilan, kalian perlu mengonsumsi protein ekstra untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang tumbuh. Produk susu mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi yaitu kasein dan whey.
            Susu adalah sumber kalsium  terbaik, dan menyediakan fosfor dalam jumlah tinggi, berbagai vitamin B, magnesium, dan zink. Yogurt, terutama olahan yogurt Yunani yang sangat bermanfaat bagi wanita hamil.
            Yogurt mengandung lebih banyak kalsium dari pada kebanyakan produk olahan dari susu. Beberapa varietas juga mengandung bakteri probiotik, yang mendukung kesehatan pencernaan.
2.      Ikan Salmon
            Ikan Salmon sangat kaya akan asam lemak omega-3. Sebagian besar orang, termasuk wanita hamil, hampir tidak mendapatkan omega-3 yang cukup melalui makanan mereka. Asam lemak omega-3 sangat penting selama kehamilan, terutama asam lemak omega-3.
            Kandungan omega-3 ditemukan dalam jumlah tinggi dalam makanan laut, dan membantu membangun otak dan mata janin kalian. Namun, wanita hamil umumnya disarankan untuk membatasi asupan makanan laut mereka hingga dua kali seminggu, karena merkuri dan kontaminan lain yang ditemukan pada ikan berlemak.
            Masalah itu telah menyebabkan beberapa wanita menghindari makanan laut, sehingga membatasi asupan asam lemak omega-3 bagi tumbuh kembang janin mereka. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa wanita hamil yang makan 2–3 kali makan ikan berlemak per minggu dapat mencapai asupan omega-3 yang direkomendasikan dan meningkatkan kadar EPA dan DHA dalam darah.
            Terlebih lagi, salmon adalah salah satu dari sedikit sumber alami vitamin D, yang sering kurang dalam makanan. Ini sangat penting untuk banyak proses dalam tubuh kalian, termasuk kesehatan tulang dan fungsi kekebalan tubuh.
3.      Telur
            Telur adalah makanan kesehatan utama, karena mengandung hampir setiap nutrisi yang kalian butuhkan. Telur mengandung 77 kalori, serta protein dan lemak berkualitas tinggi. Telur juga mengemas banyak vitamin dan mineral. Telur adalah sumber kolin yang bagus. Kolin sangat penting untuk banyak proses dalam tubuh Anda, termasuk perkembangan otak dan kesehatan.
            Sebuah survei diet di AS menunjukkan bahwa lebih dari 90% orang mengkonsumsi kurang dari jumlah kolin yang direkomendasikan. Asupan kolin yang rendah selama kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat pada saraf dan mungkin menyebabkan penurunan fungsi otak pada janin. Satu telur utuh mengandung sekitar 113 mg kolin, yang merupakan sekitar 25% dari RDI untuk wanita hamil (450 mg).
4.      Minyak Hati Ikan
            Minyak hati ikan terbuat dari hati ikan berminyak, paling sering menggunakan ikan cod. Minyak ini sangat kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA, yang sangat penting untuk perkembangan otak dan mata janin. Minyak hati ikan juga sangat tinggi vitamin D, di mana banyak orang tidak mendapatkan cukup vitamin D.
            Hal ini mungkin sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak rutin mengonsumsi makanan laut atau suplemen dengan omega-3 atau vitamin D.
            Asupan vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan peningkatan risiko preeklampsia. Komplikasi yang berpotensi berbahaya ini ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan tangan dan kaki. Mengkonsumsi minyak ikan cod selama awal kehamilan telah dikaitkan dengan risiko penyakit yang lebih rendah di kemudian hari dalam kehidupan bayi.
            Satu porsi (satu sendok makan atau 15 ml) minyak hati ikan menyediakan lebih dari asupan harian yang direkomendasikan omega-3, vitamin D dan vitamin A. Namun, tidak disarankan untuk mengonsumsi lebih dari satu porsi per hari, karena terlalu banyak vitamin A dapat berbahaya bagi janin kalian. Kadar omega-3 yang tinggi juga dapat memiliki efek pengencer darah.

0 Response to "Makanan Sehat Bagi Kamu Yang Lagi Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel